Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Gaya Gesek

Arie Arma Arsyad, Dewi Sartika

Abstract

Salah satu yang menjadikan fisika sulit bgi siswa adalah adanya miskonsepsi. Miskonsepsi terjadi akibat ketidaksamaan antara konsep yang dimiliki siswa dengan konsep sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi-miskonsepsi yang ada pada materi gaya gesek sehingga konsep yang salah dapat diremediasi. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskripif di mana pengumpulan data dengan melakukan tes diagnostik. Hasil tes diagnostic yang dilakukan menunjukkna adanya beberapa miskonsepsi pada materi gaya gesek, di anataranya berkaitan dengan gaya-gaya yang bekerja pada benda yang diam dan bergerak. Pada konsep-konsep ini persentase kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal tes cenderung tinggi.

Kata kunci: miskonsepsi, gaya gesek.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.