Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

Nur Aisyah Humairah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) yang bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Campalagian melalui
penggunaan peta konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 1
Campalagian Kabupaten Polewali Mandar tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 24 orang.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada tiap akhir siklus.
Observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dan tanggapan siswa tentang
penggunaan peta konsep diambil pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai setelah penggunaan peta
konsep dalam pembelajaran fisika mengalami peningkatan. Baik dari segi perubahan sikap
siswa, keaktifan dan kesungguhan serta motivasi siswa dalam belajar fisika. Hal yang paling
utama dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 41.67%
menjadi 87.50%. Kehadiran, keaktifan dan rasa percaya diri siswa mengikuti kegiatan belajar
mengajar, juga menunjukkan adanya kemajuan dan kesungguhan yang nampak dari hasil
observasi guru pada saat pembelajaran berlangsung . Hal tersebut di atas mengidentifikasikan
bahwa hasil belajar fisika siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali
Mandar dapat ditingkatkan melalui penggunaan peta konsep dalam pembelajaran fisika.
Kata Kunci : Penelitian tindakan kelas, peta konsep, hasil belajar, analisis kuantitatif dan
kualitatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.