Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD

Hikmah Hikmah

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan
Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Realistik pada pokok bahasan Pecahan untuk
Siswa Kelas V SD, yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri No.2
Kampung Baru Majene sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 13 orang
laki-laki. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan (Model
4. D) yang terdiri atas 4 (empat) tahap yaitu: pembatasan (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran matematika
dengan pendekatan Realistik yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan praktisi
dan telah diujicobakan serta mengalami revisi berulang-ulang kali sehingga didapatkan hasil
yang valid, efektif, dan praktis.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Pendekatan Realistik, Perangkat Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.