Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Kelas VII2 SMP Negeri 26 Makassar

Munawarah Munawarah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan ujicoba
terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan
kontekstual pada pokok bahasan segitiga yang meliputi Buku Siswa, Lembar kegiatan Siswa, dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMP Negeri
26 Makassar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Prosedur pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D (Define, Design,
Develop, dan Dessiminate) yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan,
tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan
Kontekstual yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang-ulang kali
sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual bersifat efektif dan
praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes haaasil belajar adalah 71,97 dari
skor ideal 100 dengan standar deviasi 14,78. Di mana 29 dari 36 siswa atau 80,56 % memenuhi
ketuntasan individuyang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai.; (2) dengan
menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual siswa jadi lebih aktif
dalam proses pembelajaran; (3) pada umumya siswa memberikan respon yang positif terhadap
perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja dan
belajar; dan (5) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan
pendekatan Kontekstual termasuk dalam kategori tinggi, artinya penapilan guru dapat
dipertahankan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.