Efektivitas Kinerja Dosen Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih

Maik Akobiarek, Ruth Megawati, Jirana Jirana

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran kinerja dosen program studi pendidikan biologi semester ganjil tahun akademik 2015/2016. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuisioner yang telah diuji valid dengan menggunakan rumus pearson product moment serta diuji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus alpha cronbach, dan pedoman wawancara sebagai pelengkap. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing aspek yang diteliti, yang selanjutnya akan disusun dalam tabel klasifikasi/kategori kinerja dosen. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara umum rerata penilaian mahasiswa berada pada rentang nilai 3.4 4,7 (rentang nilai tertinggi) walaupun ada tiga penilaian yang berada pada rentang nilai 2,0 2,9. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar dosen mendapat penilaian baik dari mahasiswa. 19 mata kuliah yang berada pada kategori baik berdasarkan hasil analisis ini didukung oleh penyataan mahasiswa langsung dan pengalaman yang dirasakan selama perkuliahan yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan. Keefektifitasan pembelajaran dirasakan oleh mahasiswa dapat dijelaskan berdasarkan indikator dari hasil yang diperoleh. Temuan penelitian menunjukkan bahwa banyak factor yang mempengaruhi kinerja dosen salah satunya adalah kompetensi professional (kompetensi pedagogic). Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan kinerja dosen harus diupayakan pula bagaimana meningkatkan kompetensi professional sehingga dosen dapat menjalankan tugasnya lebih baik lagi.

Kata kunci efektifitas, kinerja, dosen

Refbacks

  • There are currently no refbacks.