Prodi Teknologi Hasil Pertanian Siap Menerima Mahasiswa Baru

793

 

Majene. Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) bertambah satu Program Studi (Prodi) baru yaitu Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP).

Pendaftaran dibuka setelah pengumuman UTBK pada bulan Agustus melalui jalur mandiri. Prodi tersebut tidak disertakan pada UTBK sebab baru mendapatkan izin pembukaan. Untuk tahap awal, daya tampung yang tersedia sekitar 30-50 kursi dengan 9 tenaga pengajar.

Prodi THP adalah jurusan yang mempelajari ilmu pangan seperti teknologi pasca panen produk nabati dan hewani hingga teknologi pengolahan pangan yang baik supaya produk olahan memiliki kandungan gizi dan manfaat untuk tubuh manusia. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari keamanan pangan dan penganekaragaman pangan untuk mendukung ketahanan pangan.

Lulusan jurusan ini memiliki prospek karir yang cukup menjanjikan, seperti:

1. Peneliti di BPOM, LPPOM MUI, LIPI dan lain-lain

2. Pengawasan mutu pangan

3. R&D perusahaan pangan

4. Wirausahawan bidang pangan

5. Konsultan pangan

6. Dosen

Dosen Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unsulbar, Indrastuti S TP M Si mengatakan bahwa Prodi THP bisa menjadi solusi untuk masalah hilirisasi sektor pertanian di Sulawesi Barat yang masih kurang.

“Sulawesi barat merupakan provinsi yg kaya akan hasil pertanian namun masih kurang dalam hal hilirisasi sektoral pertanian, sehingga hadirnya prodi teknologi hasil pertanian mampu menjawab permasalahan tersebut,” ujarnya.

Ia berharap Prodi THP dapat berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemajuan daerah Sulawesi Barat.

“Semoga jurusan THP dapat berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemajuan masyarakat dan pengembangan daerah Sulawesi Barat,” pungkasnya.

 

sumber : unsulbarnews

Penulis : Febrianti Daeng Mangetten

Editor : Masdin