Progres Fakultas Kedokteran Unsulbar, sukses gelar Bimtek

Progres Fakultas Kedokteran Unsulbar, sukses gelar Bimtek

Makassar – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) semakin dekat dengan cita-citanya untuk mendirikan Fakultas Kedokteran, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertujuan untuk finalisasi dokumen standar pendirian Fakultas Kedokteran. Acara ini berlangsung di Hotel Aston Makassar. (22-24/05/2024).

Proses bimbingan teknis ini melibatkan diskusi intensif, presentasi, dan bimbingan langsung dari tim pendamping Universitas Jenderal Soedirman.

Para peserta dan Tim Task Force diajak untuk mengevaluasi dan memperbaiki dokumen-dokumen standar yang telah disusun, dengan mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari kurikulum, sarana prasarana, hingga sumber daya manusia (SDM).

Kolaborasi antara berbagai pihak yang hadir memastikan bahwa semua masukan dan saran dapat diakomodasi untuk menghasilkan dokumen yang komprehensif dan sesuai dengan standar Pendidikan kedokteran.

Tidak hanya itu kegiatan ini, juga mendapatkan dukungan penuh dari berbagai organisasi dan instansi lokal. Perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Barat, Ketua IDI Kabupaten Polewali Mandar, Perwakilan IDI Kabupaten Majene, serta Direktur RSUD Hj. Andi Depu Polman dan Perwakilan Direktur RSUD Majene turut hadir.

Kehadiran mereka, beserta perwakilan dokter spesialis dari Majene, menegaskan pentingnya kolaborasi antar institusi untuk mendukung terbentuknya fakultas kedokteran yang berkualitas dengan ketersediaan sarana praktik kedokteran yang memadai.

Rektor Universitas Sulawesi Barat, Prof Dr Muh. Abdy M Si didampingi oleh Wakil Rektor I dan II Unsulbar, dalam sambutannya Rektor Unsulbar menegaskan komitmen universitas dalam menghadirkan Fakultas Kedokteran yang berkualitas sebagai solusi untuk mengatasi tantangan kesehatan di Sulawesi Barat.

“Kami pihak Unsulbar tentunya berkomitmen penuh untuk menghadirkan fakultas kedokteran yang berkualitas, guna untuk menjadi solusi dan mengatasi tantangan kesehatan di Sulbar ini”, ucap rektor Unsulbar.

Pada akhir sambutannya, ia mengapresiasi dukungan yang datang dari berbagai pihak, yang sangat penting untuk mewujudkan visi besar ini.

“Selain itu saya juga mengucapkan rasa terima kasih banyak kepada seluruh pihak terkait dan para pihak yang telah hadir atas dukungannya dalam mewujudkan visi kita ini”, tuturnya.

Dengan adanya dukungan yang kuat dari berbagai pihak Unsulbar optimis dapat segera merealisasikan pendirian Fakultas Kedokteran. Diharapkan, fakultas ini tidak hanya akan mencetak tenaga medis yang handal, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Sulawesi Barat.

Komitmen dan antusiasme yang ditunjukkan oleh semua pihak dalam kegiatan ini menjadi indikasi positif bahwa pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Sulawesi Barat akan segera terwujud.

Dukungan berkelanjutan dari pemerintah, institusi pendidikan, organisasi profesi, serta seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan untuk merealisasikan Fakultas Kedokteran di Sulawesi Barat.